Sabtu, 06 Oktober 2012

Mengatasi polusi udara


PENDAHULUAN


***




I.                   Latar Belakang

Pada era orde baru, kota Jakarta banyak ditumbuhi pepohonan di sekitar kita dan sedikit yang mempunyai kendaraan pribadi, akan tetapi sekarang ini banyak sekali kendaraan pribadi dan pepohonan jarang sekali ditemukan dijalan-jalan besar. Hal ini mengakibatkan kota jakarta terjadi berbagai macam polusi, diantaranya adalah polusi udara, polusi suara, polusi tanah, dan polusi air.
Polusi udara di kota Jakarta sekarang telah sangat memprihatinkan. Udara yang bersih sangat sulit didapatkan. Polusi udara membawa dampak negatif bagi kesehatan manusia.  Polusi udara tersebut tidak lain dan tidak bukan juga karena ulah tangan kita sendiri. Oleh karena itu, perlu ditemukan cara-cara untuk menanggulangi polusi udara tersebut.

II.                Tujuan
1.      Mengetahui penyebab timbulnya polusi udara
2.      Mengetahui dampak dari polusi udara
3.      Mengetahui cara menanggulangi polusi udara

III.             Rumusan Masalah
1.      Apa yang menyebabkan terjadinya polusi udara?
2.      Apakah dampak yang terjadi akibat dari adanya polusi udara?
3.      Bagaimana cara menanggulangi polusi udara?


 
PEMBAHASAN



               I.      Penyebab timbulnya polusi udara

Polusi udara dapat ditimbulkan, baik karena alam maupun karena ulah manusia sendiri.  Secara alami, polusi udara timbul karena letusan gunung berapi, kebakaran hutan secara alamiah di musim kemarau, dan nitrifikasi serta denitrifikasi makhluk hidup. Akan tetapi sumber utama dari polusi udara ialah ulah manusia sendiri.
Meningkatnya jumlah penduduk yang disertai meningkatnya nilai konsumsi atas barang dan jasa menimbulkan efek terhadap kualitas lingkungan hidup. Sebagai contoh peningkatan kepemilikan kendaraan selalu disertai dengan meningkatnya jumlah emisi gas buangan ke udara sehingga meningkatkan tingkat polusi. Sementara kebutuhan sarana transportasi merupakan kebutuhan dasar masyarakat dalam mendukung mobilitas baik barang maupun jasa dalam meningkatkan kemampuan ekonomi masyarakat
Disamping beban polusi dari kendaraan bermotor, gas polutan yang dikeluarkan sektor industri, rumah tangga serta aktivitas pembakaran sampah semakin meningkatkan beban lingkungan terhadap polutan yang dikeluarkan dari aktifitas masyarakat.

            II.      Dampak dari polusi udara
     
Polusi udara menimbulkan dampak buruk bagi kehidupan kita. Polusi udara memberikan pengaruh buruk baik kesehatan manusia maupun pada lingkungan. Dampak polusi udara terhadap kesehatan manusia adalah:
·         Menyebabkan penyakit pernafasan, misalnya paru paru, asma, dan bronkhitis karena terhirupnya zat-zat asing yang terdapat di udara. Keberadaan zat asing tersebut akan menyebabkan infeksi dan gangguan kerja paru-paru.
·         Penurunan kesehatan dan kemampuan mental serta penurunan kecerdasan (IQ) anak-anak. Unsur timbal (Pb) yang terhirup akan menyerang sel syaraf, dapat meracuni atau merusak fungsi mental dan perilaku, serta menganggu pertumbuhan anak. Pb (timbal) juga dapat terakumulasi dalam tubuh, mengurangi intelegensia, dan dapat menyebabkan kerusakan-kerusakan sel syaraf dan sistem otak.
Sementara itu, dampak polusi udara terhaap lingkungan diantaranya adalah:
·         Terjadinya pemanasan global dan efek rumah kaca
Pemanasan global disebabkan oleh emisi dari zat pencemar seperti karbon dioksida (CO2), metan, dan oksida nitrat yang berkumpul di atmosfer membentuk lapisan tebal yang menghalangi matahari dan menyebabkan pemanasan pada Bumi dan terjadinya efek rumah kaca.

·         Terjadinya kerusakan lapisan ozon yang disebabkan oleh zat CFC yang bersumber dari AC,lemari es, dan semprotan aerosol
·         Terjadinya hujan asam yang diebabkan oleh SO2 dan NO2 yang berasal dari asap knalpot dan pupuk yang digunakan dalam pertanian.
           
         III.      Penanggulangi polusi udara

Terdapat berbagai cara dalam menanggulangi polusi udara. Sebenarnya menanggulangi masalah polusi udara ini harus didukung oleh kesadaran masyarakat sendiri akan pentingnya udara bagi kesehatan. Beberapa cara dalam menanggulangi polusi udara, yaitu :

·         Tidak melakukan penebangan pohon secara liar

·         Berhenti merokok

·         Menggunakkan kendaraan umum
Sebenarnya dalam menggunakan transportasi umum kita sendiri telah membantu dalam pencegahan polusi udara karena telah mengurangi jumlah kendaraan yang beroperasi dan pencemaran udara.

·         Melakukan penanaman pohon
Dengan cara menanam pohon telah dipercaya dapat meningkatkan kadar oksigen didalam udara. Selain itu juga dapat mengurangi kadar karbondioksida dalam udara karena zat inilah yang dibutuhkan dalam fotosintesis tumbuhan.

·         Gunakan sepeda dalam transportasi
Dengan menggunakan alat transportasi ini kita telah membantu dalam mengurangi polusi udara karena sepeda tidak menghasilkan gas emisi apapun sehingga sepeda ramah lingkungan.

·         Gunakan kendaraan yang ramah lingkungan
Dalam bepergian, diusahakan menggunakan kendaraan yang ramah lingkungan, seperti becak, sepeda, dokar atau delman.

·         Melakukan penyaringan asap
Sebelum asap yang berasal dari pabrik dibuang ke udara, lakukan penyaringan asap tersebut terlebih dahulu dengan memasang bahan penyerap polutan atau saringan.

·         Mengalirkan gas buangan
Mengalirkan gas buangan ke dalam air atau dalam larutan pengikat sebelum dibebaskan ke air, atau dengan cara penurunan suhu sebelum gas dibuang ke udara bebas.

·         Membangun cerobong asap yang cukup tinggi
Hal ini menyebabkan asap dapat menembus lapisan iversi thermal agar tidak menambah polutan yang tertangkap di atas suatu perumahan.




 Kesimpulan : 
  
        Saat ini, tingkat polusi udara di Indonesia, khususnya di kota besar seperti Jakarta sudah hampir mencapai batas bahaya. Ini disebabkan oleh banyak faktor, baik karena alam maupun karena manusia sendiri. Tetapi dari asap kendaraan yang dibuat oleh manusia lah yang terbesar menyumbang dalam hal ini. Dampak dari polusi udara ini pun tak hanya berbahaya bagi kesehatan manusia tetapi juga dapat merusak lingkungan. 

Banyak cara yang dapat dilakukan untuk menanggulangi polusi udara, diantaranya tidak melakukan penebangan pohon secara liar dan mulai menanami lingkungan sekitar dengan tanaman hijau, serta membatasi penggunaan kendaraan pribadi dan mulai bepergian dengan menggunakan transportasi umum yang ramah lingkungan.







DAFTAR PUSTAKA

Putra, 2007, Pencemaran Udara, Dampak, dan Solusinya!!




***

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar