Kamis, 13 Juni 2013

Cita-cita Jangka Pendek dan Jangka Panjang

Sempat terbayang pertanyaan seputar masa depan seperti halnya “Masa depan seperti apa yang kita inginkan? Lima tahun lagi kita ingin jadi apa? Apa cita-cita kamu?” Pertanyaan sederhana, tetapi sering kali kita sulit menjawabnya. Mungkin karena kita sebagai kaum muda lebih memikirkan untuk bersenang-senang dahulu daripada memikirkan akan jadi apa kita untuk ke depannya. Kita tahu bahwa semua yang ada saat ini dan akan dating, dimulai dari mimpi. Mimpi yang sederhana akan menjadi sebuah cita-cita. Cita-cita merupakan sebuah patokan kita untuk bermasa depan. Seperti kutipan dari Walt Disney, “All our dreams can come true, if we have the courage to pursue them.”
Ada 2 jenis cita-cita, yaitu cita-cita jangka pendek dan cita-cita jangka panjang. Jangka pendek bisa dalam rentang 1-5 tahun. Artinya, dalam 1-5 tahun ini kita ingin menjadi seperti apa. Sementara jangka panjang bisa berupa rencana kita dalam 10 tahun ke depan. Cita-cita jangka pendek dan jangka panjang saya sederhana, namun sangat bermakna. Cita-cita jangka pendek yang ingin saya wujudkan dalam kurun waktu 3-4 tahun ini adalah, saya ingin lulus kuliah di Universitas Gunadarma tepat waktu dan dengan nilai terbaik. Sedangkan cita-cita jangka panjang saya sama seperti kebanyakan orang, yaitu ingin menjadi orang sukses.
Untuk menjadi apa yang kita inginkan untuk ke depannya, tentu membutuhkan keringat, tekad yang kuat, serta kerja keras, sehingga mimpi tak hanya menjadi mimpi, tetapi mimpi dapat menjadi kenyataan. Hidup berawal dari mimpi, dan masa depan kita dimulai dari impian kita masa kini. Jadi, tentukan mimpimu sekarang, berusaha keras untuk mewujudkannya walaupun akan ada banyak halangan yang akan kita hadapi, tetap semangat dan terus hidupkan mimpimu di dalam dirimu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar